Ikan Kepe-kepe, Kupu-kupu laut - Green Sharks

Tugas-tugas yang menumpuk

Hot

Post Top Ad

Friday 27 May 2016

Ikan Kepe-kepe, Kupu-kupu laut

Ikan kepe-kepe ( Butterfly Fish )
Ikan kepe-kepe atau sering disebut butterfly fish, memang tidak heran jika ikan ini dinamai butterfly fish soalnya ikan ini memiliki warna yang mencolok dan kelihatan indah. Ikan kepe-kepe (Butterfly fish) adalah salah satu kelompo ikan laut tropis yang memiliki warna yang mencolok dari family Chaetodontidae, ikan yang termasuk dalam family ini yaitu ikan bendera dan ikan koral.


Ikan kepe-kepe (Butterfly fish) kebanyakan ditemukan di terumbu karang di samudra Pasifik, Hindia dan Atlantik. Sejumlah pasangan spesies yang ada di samudera Pasifik dan Hindia, anggota dari genus besar seperti Cheatodon dan Taksonomi sering kali dirasa rancu oleh para peneliti. Apakah spesies dari genus ini dianggap spesies atau subspecies.
Ikan kepe-kepe umumnya berukuran kecil, hanya berukuran 12 sampai 22 cm. spesies terbesar yaitu: kepe-kepe bergaris dan kepe-kepe pelana yang memiliki panjang hingga 30 cm.
Alasan utama mengapa ikan kepe-kepe dinamakan butterfly fish karena banyak dari ikan ini yang memiliki “bintik mata” di sisi tubuhnya serta garis-garis gelap yang melewati “bintik mata” tadi, sehingga pola tersebut terlihat mirip dengan pola di sayap kupu-kupu.


Pada umumnya ikan kepe-kepe beraktifitas pada siang hari dan sering berada di air dangkal (kedalaman kurang dari 18 m, meskipun ada beberapa spesies yang berada hingga 180 m).
Ikan kepe-kepe ini merupakan ikan favorit yang sering dipilih para pecinta ikan hias untuk mengisi akuriumnya.  Karena ikan ini memiliki warna yang menarik dan cerah. Makanannya pun mudah, cukup memberikan pellet sebagai makanan ikan ini. Ikan ini juga bisa kita temui diperairan Indonesia Karena Indonesia termasuk kedalam Negara yang memiliki iklim tropis.

Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Perciformes
Famili: Chaetodontidae
Genus : Chaetodon

Spesies : Chaetodon lunula

No comments:

Post Top Ad