Keong macan (Babylonia spirata L.) - Green Sharks

Tugas-tugas yang menumpuk

Hot

Post Top Ad

Wednesday 16 November 2016

Keong macan (Babylonia spirata L.)

keong macan mytask tugasku
keong macan
Keong macan (Babylonia spirata L.) merupakan salah satu spesies anggota gastropoda yang bernilai ekonomis penting, karena memiliki banyak manfaat. Hasil tangkapan keong macan dalam keadaan segar dan bermutu di ekspor ke negara-negara Asia terutama Thailand, Hongkong, dan Singapura (Yudianda,et al 2000).
Keong macan mengandung protein yang cukup tinggi, dagingnya enak dan mudah diolah menjadi bahan makanan. Cangkang keong macan bisa digunakan untuk industri kapur dan hiasan berupa ornamen serta operkulum dimanfaatkan untuk bahan obat-obatan dan Parfum.

Karena keong macan merupakan jenis moluska atau kerang-kerangan kita bahas sedikit tentang moluska.
Kelompok utama biota yang memiliki jumlah spesies terbanyak di perairan laut Indonesia adalah moluska atau kerang-kerangan (2.500 spesies), yang meliputi kelompok gastropoda terdiri dari 1.500 spesies dan kelompok bivalvia terdiri dari 1.000 spesies. Spesies moluska banyak hidup di daerah ekosistem karang, mangrove, dan padang lamun (Dahuri 2006). Volume produksi kerang di Indonesia rata-rata mengalami peningkatan pada periode tahun 2002-2006, yaitu sebesar 7 ton, 2.869 ton, 12.991 ton, 16.348 ton dan 18.896 ton  (DKP 2007).

Potensi lestari kerang-kerangan belum banyak dieksploitasi, namun wilayah penyebarannya sangat luas karena hampir semua perairan laut Indonesia  yang ditumbuhi terumbu karang memiliki beragam jenis kerang. Contoh kerang  yang banyak terdapat di Indonesia adalah keong macan (Babylonia spirata),  kerang tahu (Meretrix meretrix) dan kerang salju (Pholas dactylus). Tingginya  potensi kelompok kerang di Indonesia belum diimbangi dengan pemanfaatan yang optimal dikarenakan kurangnya informasi mengenai kandungan gizi pada kerang. Beberapa kelompok kerang masih sebagai hasil tangkapan samping. Salah satu hasil penelitian yang dilakukan oleh Wiyono (2009) menyebutkan bahwa keong macan (Babylonia spirata) dan kerang tahu (Meretrix meretrix) termasuk hasil tangkapan samping yang didaratkan di PPI Mundu Pesisir.

Moluska diduga memiliki kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang bermanfaat bagi perkembangan otak dan untuk mencegah penyakit jantung. Ada dua jenis asam lemak omega-3 yaitu docosahexaenoic acid (DHA) dan eiocosapentatonoic acid (EPA). Perbandingan  asam  lemak  omega-3 dan omega-6 pada keong secara umum sama dengan ikan, yaitu 2:1. Kerang laut dapat menjadi sumber alternatif asam lemak omega-3, omega-6, dan omega-9 serta menjadi  sumber vitamin A, vitamin D, dan mineral (Natural Hub 2000).

olahan keong macan Mytask tugasku
Masakan Hasil Olahan dari Keong Macan
Oleh karena itu informasi tentang kerang/keong macan harus lebih digali agar kita semua dapat merasakan manfaatnya suatu saat. Ngomong-ngomong kerang macan enak loh…

Semoga bermanfaat

No comments:

Post Top Ad