Jenis Arus Laut dan Faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya Arus Laut - Green Sharks

Tugas-tugas yang menumpuk

Hot

Post Top Ad

Saturday 5 November 2016

Jenis Arus Laut dan Faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya Arus Laut

my task
Air terjun bawah laut Kep. Mauritius
Arus Laut
Arus laut adalah pergerakan massa air secara horizontal dan vertical sehingga menuju keseimbangan
Arus laut juga bisa di artikan sebagai gerakan mengalir suatu massa air yang di karenakan tiupan angin atau perbedaan desitas atau pergerakan gelombang panjang.

Jenis-Jenis Arus Laut
v   Jenis Air Laut Menurut Temperaturnya
1.        Arus Panas


arus kuro syiwo

Arus ini merupakan arus laut yang memiliki temperature air yang lebih tinggi (panas) daripada temperature laut yang didatangi. Contohnya: arus jepang atau sering di sebut arus kuro syiwo.
2.        Arus Dingin
arus oyashiwo

Arus dingin merupakan arus laut yang temperaturnya lebih rendah daripada temperatur air laut yang di datangi. Contohnya : arus oyashiwo


v   Arus Laut Berdasarkan Letaknya


Ombak
1.        Arus atas / arus permukaan yaitu arus laut yang bergerak sebagai arus yang berada di permukaan laut. Seperti : semua arus laut yang disebabkan oleh angin.



2.        Arus bawah yaitu arus yang bergerak didasar laut. Disaat arah geraknya berubah kearah vertical, arus ini akan menjadi up welling dan sinkin pada beberapa daerah pantai
3.        Long shore current adalah arah aliran arus yang memiliki posisi sejajar dengan garis pantai
4.        Rip current merupakan arus yang berada di pantai berpasir halus dan bergelombang agak besar. Arah geraknya tegak lurus dengan geris pantai. Biasanya rip current ini mampu menyeret pasir dibawahnya beserta orang yang berada di tempet tersebut kelaut yang lebih dalam. Seperti contohya pantai parangtritis yang memiliji kecepatan 80 km/ jam.

Faktor-Faktor Yang Dapat Menyebabkan Terjadinya Arus Laut
Ada beberapa faktor yang dapat memicu atau menyebabkan terjadinya arus laut, yaitu:
·               Gerakan angin yang tetap arahnya sepanjang tahun. Misalnya angin pasat yang berhembus di wilayah tropis.

·               Rintangan pulau atau benua. Adanya rintangan pulau atau benua ini dapat menyebabkan arus laut berbelok menurut garis pantai benua atau menjadi arus belahan. Contohnya: Arus Brazilia dan Arus Australia Timur.


·               Perbedaan tinggi permukaan air laut. Perbedaan tinggi permukaan air di samudra ini mengakibatkan gerakan massa air laut untuk mengisi bagian air laut yang lebih rendah. Arus yang muncul akibat perbedaan permukaan tinggi permukaan air di samudra ini disebut arus kompensasi atau arus pengisi.

No comments:

Post Top Ad