Ikan Buntal (ikan beracun yang dapat dikonsumsi), Ikan yang Memiliki Bentuk Irreguler - Green Sharks

Tugas-tugas yang menumpuk

Hot

Post Top Ad

Sunday 22 May 2016

Ikan Buntal (ikan beracun yang dapat dikonsumsi), Ikan yang Memiliki Bentuk Irreguler

http://mytask-tugasku.blogspot.com/
Ikan Buntal (ikan yang memiliki bentuk tubuh tidak beraturan)
Ikan Buntal termasuk ikan yang termasuk dalam bentuk irregular atau ikan yang memiliki bentuk tidak beraturan. Ikan Buntal masuk dalam family tetraodontidae, dimana family tetraodontidae adalah sebuah keluarga ( family ) dari ikan muara dan laut yang berasal dari ordo tetraodontiformes.
 Ikan Buntal terkenal sebagai hewan vertebrata paling beracun kedua di dunia setelah Katak Racun Emas. Bagian-bagian dari Ikan Buntal yang sangat beracun dan tidak boleh di konsumsi adalah bagian hati dan kulit mereka, kulit mereka kadang sangat beracun karena di kulit Ikan Buntal kadang menempel sejenis bakteri seperti, pseudoalteramonas tetraodonis, spesies tertentun dari Pseudomonas dan Vibrio.

Sashimi Ikan buntal
Namun meskipun Ikan Buntal beracun, di Jepang, Korea dan Cina, Ikan Buntal ini diolah menjadi makanan yang lezat,( Tapi jangan perna coba- coba di rumah. Yang mengolah ikan ini adalah koki professional dalam hal mengolah ikan buntal… jd jangan perna coba dirumah jika tidak di awasi oleh ahlinya).
Kalau tidak percaya simak yang ini,
Ikan Buntal memiliki sejenis racun tetrodotoxin, yang dapat menghalangi aliran sodium dalam darah serta melumpuhkan otot – otot sementara korbanya masih dalam keadaan sadar. Orang yang keracunan Ikan Buntal akan sulit bernafas, tidak bisa bergerak, tidak dapat berbicara dan jika tidak ditangani dengan cepat bisa mengakibatkan kematian pada korban. Penawar untuk keracunan ini belum ditemukan, perawatan standar untuk menolong korban adalah membantu sistem respirasi ( Pernapasan) sampai racun dikeluarkan oleh tubuh korban sendiri.

Menurut para peneliti, tetrodotoxin pada Ikan Buntal berasal dari hewan lain yang meraka konsumsi, hewan yang mereka konsumsi diduga mengandung bakteri tetrodotoxin-laden. Saking seringnya mereka mengkonsumsi ikan yang mengandung tetrodotoxin mereka menjadi kebal terhadap racunnya. Dan kini telah banyak penambak Ikan Buntal di Jepang yang bebas racun.
Mengapa bisa bebas racun ?. Karena mereka menjauhkannya dengan bakteri tetrodotoxin-laden.

Mungkin setelah ini kalian tidak akan mencoba untuk mengkonsumsi ikan ini. Tetapi di Jepang sendiri ikan ini sangatlah digemari. Penduduk Jepang telah menkonsumsi Ikan Buntal selama ribuan tahun.  Tulang – tulang Ikan Buntal banyak di temukan di beberapa gundukan yang di sebut  kaizuka, dari era jomon, yang memiliki umur lebih dari 2.300 tahun yang lalu. Pada kekaisaran Tokugawa (1603- 1868) Ikan Buntal sempat dilarang untuk dikonsumsi. Peraturan ini berlaku untuk daerah  edo dan wilayah kekuasaan yang lain. Namun setelah pengaruh dari kekaisaran meredup, kebiasaan untuk menkomsumsi ikan ini kembali lagi. Selain di Jepang, Ikan Buntal juga sangat digemari di Cina.
Ikan Buntal yang diperjual belikan di Osaka
 Sekarang harga sepiring Ikan Buntal di Jepang dapat di jual ¥ 5,000 (hampir US $50)  dan untuk sebuah hidangan lengkap Ikan Buntal (biasanya 8 sajian) berharga ¥ 10,000 – 20,000 (hampir US $100-200) atau lebih. Ikan ini sebenarnya murah jika dibeli dalam keadaan hidup, tetapi jika di beli dalam keadaan siap di konsumsi menjadi mahal karena koki yang mengiris ikan ini harus sangat hati-hati untuk mendapatkan jumlah daging yang paling banyak. Pisaunya pun bukan sembarang pisau, pisau khusus ini diberi nama fugu hiki, untuk memiliki pisau ini, katanya harus pesan dulu.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum : Chordata
Upafilum: Vertebrata
Kelas:          Actinopterygii
Ordo: Tetraodontiformes
Famili:         Tetraodontidae

No comments:

Post Top Ad