(2 Ordo) Pengelompokkan Ikan Berdasarkan Bentuk Irreguler - Green Sharks

Tugas-tugas yang menumpuk

Hot

Post Top Ad

Saturday 21 May 2016

(2 Ordo) Pengelompokkan Ikan Berdasarkan Bentuk Irreguler


Kelompok ikan berdasarkan bentuk irregular adalah sekelompok ikan yang memiliki bentuk tidak beraturan (atau sedikit berantakan hehe), ikan yang di kelompokkan dalam bentuk irregular ini biasanya memiliki kemampuan yang sangat hebat dalam kamuflase, yang bertujuan untuk mengelabui para pemangsa. Tapi tidak jarang juga kemampuan ini di gunakan untuk memburuh mangsa.
Dan inilah yang akan kita bahas kali ini, Ordo ikan yang memiliki bentuk irreguler

Ordo Syngnathiformes

• Famili Syngnathidae
Kuda Laut Merupakan salah satu
contoh Spesies dari Famili Syngathidae
Syngathidae merupakan kelompok ikan kecil yang memliki anggota seperti kuda laut, ikan trompet, dan seadragons. Sesuai dengan namanya yang berasal dari bahasa yunani , syn, yang berarti menyatu atau berhubungan atau bersama-sama dan gnathus yang berarti rahang. Ini yang merupakan penyebab pengelompokkan ini, dimana ikan- ikan yang berada di kelompok ini memliki rahang yang hampir sama.
Family syngnathidae banyak ditemukan dilaut yang memiliki iklim sedang dan tropis di seluruh dunia. family ini biasanya memiliki ciri-ciri seperti: 1). Moncong panjang, 2).  Rahang menyatu, 3). Tidak memiliki sirip perut, dan 4). Memiliki prisai tulang yang menutupi tubuh mereka, sehingga tubuh mereka kelihatan kaku.
Yang aneh di spesies ini, sesaat setelah family syngnathidae betina bertelur, para pejantan akan membuahi telur tersebut kemudian membawanya untuk dierammi.   

Ordo Scorpaeniformes

• Famili Scorpaenidae

Ikan Lepu Ayam
Contoh dari family scorpaenidae : ikan lepu ayam

Ikan lepu ayam
Ikan lepu ayam atau nama gaulnya lion fish, ikan ini mudah di kenali dengan melihat sirip dadanya yang besar seperti kipas, sirip punggung yang panjang, dan tubuh yang  bergaris- garis. Ikan lepu ayam ini merupakan ikan asli perairan hangat hindia dan pasifik (Indonesia termasuk dong), khususnya perairan berkarang dan berbatu- batu dengan kedalaman maksimal 50 m. yang menarik dari ikan ini adalah, ikan ini bukannya menyukai perairan yang bersih, ikan ini lebih suka di perairan yang keruh misalnya di perairan sekitar pelabuhan. Ikan ini juga termasuk ikan yang galak karena jika ada ikan lain yang lewat, dia tidak segan-segan untuk menyerang, karena dianggap ikan pengganggu.

Ikan lepu ayam (lion fish) merupakan hewan penyendiri atau sering di sebut hewan soliter, tetapi meskipun begitu ikan ini akan berkumpul pada saat musim kawin tiba, biasanya setiap kelompok memiliki satu pejantan dan beberapa betina. Betina akan melepaskan kantong lendir yang berisi telur, kemudian pejantannya bertugas untuk membuahi telur-telur tersebut. Telur-telur yang telah dibuahi akan mengapung di permukaan, setiap kantong telur berisi sekitar 20.000 telur. Setalah 36 jam telur- telur tersebut akan menentas, kemudian  larva ikan lepu ayam akan akan terombang-ambing dilautan mengikuti arus selama 1 bulan. Setelah sebulan ikan-ikan ini akan hidup di dasar laut seperti ikan-ikan lepu ayam dewasa lainnya.
Meskipun ikan ini sangat eksotis dan menawan untuk kita orang Indonesia, tapi lain halnya di Karabia dan Atlantik  Utara, ikan ini bagaikan hama disana. Penyebabnya karena pada tahun 1990 banyak orang membuang ikan-ikan ini kelaut karena sudah tidak tertarik lagi dengan ikan ini, sehingga ikan lepu ayam tersebut berkembang biak dan memakan ikan-ikan setempat. Dan yang menjadi masalah utama, kecepatan berkembang biak hewan ini yang sangat cepat dan tidak memiliki pemangsa alami sehingga dapat terjadi blooming.

• Famili Synanceiidae
Ikan Batu
Synanceiide adalah family dari klasifikasi, ikan pari-bersirip, banyak di temukan di indo-pasifik. Selain di laut beberapa sepsis synanceiidae ini di ketahui ada yang hidup di air tawar atau payau. Spesies dari keluarga ini yang telah di ketahui adalah stonefish, stingfish dan ikan hantu. Spesies dari family synanceiidae memiliki racun yang sangat ampuh untuk semua ikan. Racunini terletak di bawah sirip punggungnya. Ikan yang paling menyeramkan dalam family synanceiidae adalah ikan batu, Stonefish

No comments:

Post Top Ad