Ikan Napoleon atau Sering Disebut Hogfish Karena Mulutnya yang Mirip dengan Babi. - Green Sharks

Tugas-tugas yang menumpuk

Hot

Post Top Ad

Saturday 26 November 2016

Ikan Napoleon atau Sering Disebut Hogfish Karena Mulutnya yang Mirip dengan Babi.


mytask tugasku
Napoleon Wrasse in the Southern
https://www.youtube.com/watch?v=b6teH2AEzj0
Ikan Napoleon, Cheilinus Undulatus (Ruppell, 1835), merupakan salah satu dari anggota kelompok Wrasses, dan termasuk Famili Labridae. Selain Wrasses, kelompok ini juga sering disebut sebagai Hogfish (karena memiliki mulut yang mirip dengan babi), Razorfish (karena beberapa anggotanya memiliki badan yang seperti pisau cukur), Corises dan Turkfishes. Famili jenis Labridae merupakan termasuk salah satu kelompok yang terdiri dari spesies yang bentuk badannya sangat beraneka ragam. Contohnya, kelompok Labridae terdiri sari 77 genera dan 479 spesises (Froese & Pauly, 2011), dan juga merupakan salah satu Famili yang sangat besar. Secara taksonomi, Ikan Napoleon berasal dari Phylum Chordata, Subphylum Vertebrata, Superclass Gnathostomata, Superclass Pisces, Clas Actinopterygii, Oerdo Perciformes dan Famili Labridae.
Ikan Napoleon sering disebut dengan nama dagang Humphead, Maori Wrasse atau So Mei karena memiliki karakteristik bagian kepala yang menonjol alias cembung mulai dari atas mata sampak kebelakang. Namun ciri-ciri ini juga dimiliki oleh satu spesies anggota Famili Scariae, yang bernama Ikan Kakatua, Bolbmetapon Muricatum (Valenciennes, 1840). Di dalam dunia air, keduanya bisa dibedakan terutapa dari bentuk sirip ekor, bentuk badan secara vrtikal dan kelimpahannya dala kelompok. Ikan Kakatua lebih kompres secara vertikal sedang kan Ikan Napoleon sedikit lebih bulat. Dibagian belakang mata terdapat 2 garis berwarna hitam kearah belakang. Namun marker atau tanda ini hanya dapat dilihat pada specimen yang dewasa saja. Ikan Napoleon lebih sering ditemukan soliter dengan kelimpahan yang jauh lebih rendah. Selain karena ikan ini dikategorikan sebagai top-predator, ikan ini termasuk kategori Long-Lived Species (ikan yang bisa mencapai umur 30 tahun). Rekor yang pernah dicatat, ikan ini bisa mencapai ukuran 229 cm, dengan berat perekornya 190 kg. Dari data yang diketahui, Ikan Napoleon berada pada kisaran kedalaman antara 5-60 m, ikan ini sering ditemukan pada Habitat Habitat Terumbu Karang. Pada Habitat Terumbu Karang dengan tekanan penangkapan relatif rendah, ukuran Ikan Napoleon ditemukan bervariasi antara panjang 60 -100 cm. Konversi panjang berat ikan ini mengikuti persamaan W(t) = 0,0123 * L(t)3,12. Secara rata-rata, dengan demikian, berat perindividu ikan ini akan bervariasi antara 4,3-21,4 kg.

ikan napoleon
Big Napoleon Fish with David
https://www.youtube.com/watch?v=pn8DHIk5BRE
Ikan Napoleon memijah secara berpasangan dalam kelompok kecil (2-5 pasangan), namun sering juga kita temui terjadi dalam kelompok (agregasi ) yang relatif besar (diatas 5 pasang) (Roberts Et Al., 1995). Lokasi pemijahan lebih disukai reef-promentory (ujung tanjung Habitat Terumbu Karang yang memungkinkan terjadi arus kearah luar atau laut lepas. Setelah fase pembuahan, informasi siklus hidup ikan ini tidak banyak diketahi sampai munculnya ikan-ikan muda yang hidup dipinggir karang.
Setelah pembuahan, telur Ikan Napoleon akan menyebar, dibawa arus dan menetas menjadi larva Planktonik (fasi larva Planktonik tidak diketahui). Ketika mencapai ukuran 8-11 mm, larva menetap di dasar perairan pada atau sekitar Habitat Terumbu Karang. Larva-larva ini paling bnyak ditemukan pada 4 jenis karang keras (Acropora Spp., dan Porites Cylindricus)  serta jenis karang lunak Sarcophyton Sp. Beberapa peneliti menemukan larva fasi ini juga menempal pada tanaman lamun jenis Enhalus Ocoroides (Linnaeus F.). Ikan Juvenile sering bermigrasi diantara habitat hutan bakau, lamun dan Terumbu Karang. Ikan dewasa berda pada Habitat Terumbu Karang bagian luar, terutama pada bagian terusan ( Teef Channerl ) yang terbuka langsung dengan laut lepas.
ikan napoleon
Ikan napoleon

Ikan Napoleon termasuk ikan jenis Sequential Hermaphrodite, ialah mempunyai jenis kelamin tertentu pada awal hidupnya sampai umur tertentu, selanjutnya melakukan perubahan kelamin. Pada kasus Ikan Napoleon, da termasuk dalam kategori Hermaphrodite Protogynous, ialah mempunyai kelamin betina pada umur muda (sampai berat sekit 1 kg), selanjutnya berkelamin jantan sepanjang sisa hidupnya, haini menyulitkan dalam penentuan ukuran yang boleh ditangkap. Untuk mempertahankan kelangsungan populasi ikan ini di alam, pengelola perikanan harus bisa mempertahankan keseimbangan antara ikan berukuran kecil dengan ukuran yang lebih besar.
·         Kelenjar Tiroid pada Ikan
Ikan Napoleon termasuk kategori Top-Predator dengan jenis makanan yang sangat bervariasi (jadi dia tidak akan kelaparan jika dialam liar). Termasuk diantaranya ialah Moluska (Kelompok Gastropoda dan Pelecypoda), Crustacea, Echinodermata dan Ikan (terutama jenis Ikan Gobi dan Moray Eel). Ikan Napoleon juga sangat terkenal sebagai pemangsa mahkota bintang berduri atau Crown-Of-Thorn, Acanthaster Plancii (Linnaeus,1753).     
Sumber :
Bio-Ekologi Ikan Napoleon, Cheilinus undulatus (Rüppell, 1835)
dan Habitat Terumbu Karang
Makalah disajikan pada workshop

Penetapan Status Perlindungan Jenis Ikan Di Propinsi Jawa Timur,
Dilaksanakan Di Hotel Utami Surabaya, Tanggal 25 Juli 2011.
Oleh:
Dewa Gede Raka Wiadnya
Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan,
Universitas Brawijaya Malang, Jl. Veteran Malang 65145;
Kontak: dgr_wiadnya@ub.ac.id

No comments:

Post Top Ad