Ikan Mandarin, Ikan Mungil Tercantik Di Lautan - Green Sharks

Tugas-tugas yang menumpuk

Hot

Post Top Ad

Tuesday 3 January 2017

Ikan Mandarin, Ikan Mungil Tercantik Di Lautan

Ikan mandarin
Ikan Mandarin

Pernah dengar ikan yang satu ini?. Ikan mandarin atau dengan nama latin (synchiropus spiendidus) adalah ikan berukuran kecil dengan warnah cerah yang termasuk dalam famili Dragonet. Ikan mandarin banyak ditemukan di Samudera Pasifik, sekitar Kepulauwan Ryukyu hingga Australia.
ikan mandarin
Ikan mandarin

Ikan memiliki panjang sekitar 6 cm. Yang menarik dari ikan mandarin adalah warna tubuhnya yang berwarna warni, memiliki garis warna hijau, jingga, dan kuning , dengan warna biru yang menyelimuti sekujur tubuhnya. Seperti ikan akurium lainnya, ikan ini merupakan ikan Karnivora yang biasa memakan Krustasea kecil dan hewan invertebrata lainnya. Ikan ini biasanya mencari makan hanya pada pagi dan malam hari. Dengan cara seperti main petak- umpet diantara susunan terumbu karang yang penuh dengan celah untuk mencari mangsa dan menghindari ikan besar pemangsan.
Di Indonesia sendiri juga mempunyai ikan jenis ini atau lebih tepatnya di bali, spesies yang terdapat di Lautan Bali memiliki susunan harmoni warna yang paling sedunia (menurut beberapa orang). Selain bermotif batik cerah, diliher hingga bagian bawah tubuhnya gradasi biru terang sampai hijau muda. Sekeliling siripnya juga berhias warna biru langit yang tidak dimiliki pada ikan manadarin di perairan lain.

ikan mandarin
Ikan Mandarin

Pemeliharaan ikan ini di akuarium gampang-gampang susah, kenapa?, karena ikan ini agak susah untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Untuk itu kita harus membuat kodisi akurium yang semirip mungkin dengan habitatnya, misalnya menyediakan karang hidup (living rock) yang banyak sebagai media tempat ikan ini mencari makan. Selain itu lebih baik jangan mencampur ikan mandarin dengan ikan yang afresif dalam satu aquarium, ita dapat membuat ikan mandarin stress, semakin tenang kondisi ikan ini akan semakin lama juga ikan mandarin ini bertahan dalam akuarium.


Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Ikan_mandarin
http://akusangkejora.blogspot.co.id/2011/05/apakah-ikan-mandarin.html

No comments:

Post Top Ad